Senin, 30 November 2015

Instruksi-InstruksiI PLC






 
 INSTRUKSI KEEP
Instruksi ini berfungsi untuk mempertahankan kondisi output untuk tetap ON walaupun input sudah dalam kondisi OFF. Logika input harus diumpankan ke titik SET dari instruksi KEEP. Untuk mereset output adalah dengan titik reset dari instruksi KEEP .

SET dan RESET
Instruksi SET dan RESET ini hamper sama dengan instruksi OUT dan OUT NOT, hanya saja instruksi SET dan RESET ini mengubah kondisi status bit operan saat kondisi eksekusinya ON. Kedua instruksi ini tidak akan mengubah kondisi status bit jika kondisi eksekusinya OFF.




DIFFERENTIATE UP (DIFU) dan DIFFERENTIATE DOWN (DIFD)
Instruksi DIFU dan DIFD berfungsi untuk mengubah kondisi logika bit operan dari OFF menjadi ON selama 1 scan time. 1 scan time adalah jumlah waktu yang dibutuhkan oleh PLC untuk menjalankan program dimulai dari alamt program 00000 sampai instruksi END. DIFU sifatnya mendeteksi transisi naik dari input, dan DIFD mendeteksi transisi turun dari input.





SHIFT REGISTER (SFT)
Instruksi ini berfungsi untuk menggeser data dari bit yang paling rendah tingkatnya ke bit yang lebih tinggi tingkatannya. Data input akan mulai bergeser pada saat transisi naik dari clock input Instruksi  SFT akan menggeser 1 bit dari suatu  16 data bit pada kanal yang ditentukan. Meskipun instruksi ini menggeser data dalam kanal-kanal, terdapat kanal start dan kanal end yang harus dispesifikasikan sebagai data. Jika input reset diaktifkan, 16 bit tersebut semuanya akan direset secara bersamaan. Apabila Holding Relay Area digunakan, data tersebut akan ditahan sewaktu terjadi gangguan daya.

 



INSTRUKSI COUNTER (CNT)
Instruksi ini digunakan untuk counter penurunan yang di set awal. Penurunan satu hitungan setiap kali saat sebuah sinyal berubah dari OFF ke ON. Counter harus diprogram dengan input hitung,  input reset, angka counter, dan nilai set (SV) Nilai set ini adalah 0000 smpai 9999. Gambar 6.21 memperlihatkan simbol tangga dan area data operan dari instruksi CNT.

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar