Jumat, 11 Desember 2015

Tetap Semangat

Pengalaman UKK (Ujian Kompetensi Kejuruan) yang mendebarkan sangat sulit saya lupakan. Betapa tidak,  sebelum saya masuk ruang ujian saja saya sudah menangis dan sangat berdebar-debar, berujung saya mengalami kegagalan karena sambungan kabel dalam PLC yang saya gunakan ada yang putus. Sungguh saya tidak beruntung dan sekaligus kelalaian petugas yang sebelumnya mengecek alat sebelum digunakan untuk ujian. Waktu itu saya sekolah di salah satu SMK swasta di daerah Kepanjen-Malang. Program studi yang saya tempuh adalah Otomasi Industri (TOI). Materi yang saya pelajari mengenai kontrol industri, cara menggunakan PLC, Rangkaian kontrol motor, pneumatic, sedikit belajar rangkaian elektronika, instalasi penerangan, rangkaian digital, dll.
Masih saya ingat UKK saya adalah tentang sistem Pengepakan Apel Otomatis berbasis PLC. Hari pertama adalah merancang panel untuk rangkaian, saya menggergaji, mengebor, dll sendiri dan sangat menguras tenaga tentunya, tapi tetap semnagat karena memang saat itu ujian akhir hehehe... Setelah itu har kedua adalah merancang program PLC, merakit rangkaian di panel, membuat simulator SCADA dan mengujinya.
Tak tanggung-tanggung terdapat empat penguji dan dua pengawas ujian, dua penguji adalah guru saya sendiri sedangkan dua lagi didatangkan dari pegawai pabrik. Ohh betapa mendebarkannya hehehehe..
Saat pengujian panel saya tidak bekerja dengan benar, ya karena ada kabel dalam PLC yang terputus itu. Lebih dari 3 jam saya mencari kesalahan itu dan saya tidak tau apa, akhirnyaaaaa menangislah saya saat itu :'( sungguh malu rasanya padahal teman-teman semua berhasil.
Akhirnya karena keterbatasan waktu saya harus mengulang ujian keesokan harinya, saya sendirian huuhuuhuu sedih sekali, tapi berkat bantuan semangat, doa dan motivasi dari teman-teman juga dari guru-guru akhirnya ujian ulang UKK berhasil saya lewati dengan mudah. Terimakasih semuanyaaa...
Pelajaran yang bisa diambil dari cerita ini adalah jangan takut sebelum memulai sesuatu karena semua hal tergantung pada pikiran kita sendiri, jangan was-was, tegang atau apapun jika menghadapi ujian, jangan sampai pingsan juga hehehe (terkadang itu terjadi pada saya). Tetap semangat, banyak orang dan teman-teman yang membantu kita :D
Ini sedikit foto yang bisa saya bagikan saat menjalani UKK ketika saya masih SMK :)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar